This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 6 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Saturday, February 14, 2015

ETIKA PENGGUNAAN TIK

Kehidupan berkomputer kita saat ini tentunya sudah jauh berbeda dibandingkan dengan 7 hingga 10 tahun yang lalu di mana populasi kepemilikan komputer masih belum setinggi ini. Bila kita lihat saat ini, hampir semua aspek pekerjaan baik di sektor bisnis & perkantoran maupun industri dan manufaktur telah memanfaatkan dukungan teknologi dan perangkat komputer dengan karakteristiknya masing-masing. Nilai tambah berupa efisiensi, kemudahan, kecepatan, ketersediaan dan validitas yang mendorong kita untuk seakan semakin berlomba memanfaatkan teknologi komputer dalam berbadai aspek kehidupan termasuk juga entertainment atau hiburan dan edukasi.
Ergonomi Komputer
Ergonomi Komputer
Di sisi industri komputer atau IT sendiri, pengkajian dan pengembangan teknologi terus dilakukan untuk menghasilkan teknologi yang semakin powerfull, mudah digunakan, kaya fitur, dan ekonomis. Dengan kecepatan perubahan teknologi, menjadikan kita seolah-olah tidak akan pernah mendapatkan perangkat yang bisa disebut teknologi “terbaru”, karena ketika kita beli ketika itu pula telah muncul teknologi yang lebih baru lagi.

Untuk waktu-waktu mendatang, “keakraban” kita dengan perangkat komputer dipastikan semakin meningkat dan akan menjadi rekan kerja yang tak terpisahkan. Frekuensi dan durasi/ waktu interaksi kita dengan komputer-pun akan semakin bertambah. Frekuensi dan durasi interaksi tentunya ditentukan juga dengan jenis pemakaiannya, pekerjaan atau profesi dari pemakai komputer tersebut. Seorang yang bekerja sebagai typist atau sekretaris misalnya, akan memiliki frekuensi dan durasi pemakaian komputer lebih lama daripada seorang staf penjualan yang hanya memanfaatkan komputer berkala untuk membuat laporan saja. Lebih ekstrim seorang yang memang dalam bekerjanya “harus” menggunakan komputer seperti para programmer / software developer, animator, graphics designer, tentunya frekuensi dan intensitas mereka di depan komputer jauh lebih tinggi.
Berdasarkan suatu survey di Amerika baru-baru ini mendapatkan fakta bahwa rata-rata waktu kerja yang digunakan untuk bekerja dengan komputer adalah 5,8 jam per hari atau 69% dari total jam kerja mereka.Semakin meningkatnya interaksi kita dengan perangkat komputer di satu sisi menggembirakan karena tentunya ada nilai-nilai efisiensi dan efektivitas yang akan kita peroleh, tetapi di sisi lain ada aspek yang membahayakan yang juga akan meningkat dan perlu segera kita antisipasi yaitu : kesehatan kerja. Walaupun kesehatan kerja dipengaruhi oleh banyak faktor, tetapi bagi orang yang memiliki intensitas pemakaian komputer tinggi, komputer menjadi faktor penyebab gangguan kesehatan yang paling tinggi.
Karakteristik gangguan kesehatan yang disebabkan oleh intensitas pemakaian komputer cenderung pada gangguan atau cidera tingkat rendah yang muncul lambat-laun setelah proses salah yang lama dan berulang (repetitif) ketika menggunakan komputer. Walaupun muncul secara evolusif, hasil akhir tetap  sama berupa gangguan kesehatan yang serius seperti gangguan saraf, gangguan penglihatan, cidera otot dan pergelangan, dll. Gangguan tersebut rata-rata diakibatkan oleh kurangnya aliran darah serta ketegangan di bagian tubuh tertentu secara terus-menerus dan berulang. Hal ini bisa berlangsung bertahun-tahun sebelum gangguan itu muncul sebagai suatu cidera yang serius.
Apabila anda termasuk seorang yang memiliki intensitas pemaiaian komputer tinggi baik dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaan maka sisi kesehatan ini penting untuk anda perhatikan secara serius mulai saat ini. Dan pemakaian komputer tidak harus ketika anda bekerja di kantor, tetapi ketika anda bermain game, browsing  internet, memutar film, dll termasuk di dalamnya, sama-sama berpotensi mendapatkan gangguan kesehatan.
Kita perlu mulai menelaah dan mengkaji potensi-potensi gangguan kesehatan yang tidak kita sadari yang mungkin muncul dan mengganggu produktivitas kita. Karena penting dan seriusnya, maka masalah gangguan kesehatan kerja semakin menjadi perhatian publik dengan menempatkannya sebagai suatu kajian ilmu tersendiri yaitu : ergonomik. Ergonomik adalah suatu ilmu terapan yang mengkaji metode atau pola kerja dan bagaimana meningkatkannya. Ergonomik akan mengkaji dan berusaha mencari kesesuaian antara kondisi fisik pekerja, lingkungan kerja dan jenis aktivitasnya. Hasilnya dapat berupa desain kerja yang lebih baik dari metode kerja, perangkat kerja, tempat kerja, dll. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan ergonomi yang tepat di tempat kerja akan meningkatkan produktivitas kerja hingga 25%. Memang ergonomi sangat luas, karena semua jenis dan bentuk pekerjaan akan membutuhkan ergonomi, demikian pula dengan pekerjaan yang memanfaatkan komputer.
Ergonomi yang baik dan tepat sangatlah penting diterapkan ketika anda menggunakan komputer, untuk menghindari ketidaknyamanan dalma bekerja. Ini artinya bahwa perangkat dan tempat kerja haruslah diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan yang anda lakukan. Beberapa panduan berikut akan membantu anda meminimalisir ketidaknyamanan secara fisik yang selanjutnya akan dapat mengakibatkan postur tubuh dan gerakan berulang yang salah dalam bekerja.

Gangguan Kesehatan

Secara garis besar gangguan kesehatan akibat pemakaian komputer yang salah dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu :
  • Gangguan pada bagian mata dan kepala
  • Gangguan pada lengan dan tangan
  • Gangguan pada leher, pundak dan punggung
Gangguan pada bagian mata dan kepala kita sering disebut dengan computer vision syndrome, mulai dari nyeri atau sakit kepala, mata kering dan iritasi, mata lelah, hingga gangguan yanglebih serius dan lebih permanen seperti kemampuan fokus mata menjadi lemah, penglihatan kabur (astigmatisma, myopi, presbyopi), pandangan ganda, hingga disorientasi warna.
Gangguan pada bagian lengan dan telapak tangan mulai dari nyeri pada pergelangan tangan karena gangguan pada otot tendon di bagian pergelangan, nyeri siku, hingga cidera yang lebih serius seperti Carpal Tunnel Syndrome yaitu terjepitnya syaraf di bagian pergelangan yang menyebabkan nyeri di sekujur tangan. Cidera ini harus segera diatasi sebelum terlambat, karena pada stadium lanjut tindakan operasi terpaksa harus dilakukan. Kelompok gangguan lainnya berupa nyeri pada bagian leher, pundak, punggung dan pinggang. Nyeri di bagian ini sering pula mengakibatkan gangguan nyeri di bagian paha dan betis.
carpal tunnel syndrome
carpal tunnel syndrome

Berkomputer Secara Ergonomis

Berkomputer dengan menerapkan prinsip-prinsip ergonomis merupakan cara jitu dalam menghindari ketidaknyamanan yang pada akhirnya akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti yang dijelaskan di atas. Berikut beberapa panduan cara kerja dan pengaturan tempat maupun perangkat kerja yang akan mampu menghindarkan anda dari ketidaknyamanan berkomputer.

Tempat kerja

Bagaimana anda mengatur elemen atau komponen tempat kerja anda sehingga sesuai dengan kebutuhan merupakan faktor paling penting untuk mendapatkan kondisi kerja yang nyaman. Luangkan waktu beberapa menit sebelum anda berkerja, pikirkan dan tentukan bagaimana layout dan posisi terbaik perangkat kerja anda (komputer, telepon, dll) dan bagaimana tempat kerja anda dapat dimanfaatkan secara efektif. Langkah ini akan dapat menghemat waktu dan tenaga anda dalam menyelesaikan pekerjaan.
area kerjaPastikan bahwa :
  • Cukup tempat di meja anda untuk menata posisi yang paling nyaman untuk cpu, monitor, keyboard, mouse, printer, penyangga buku, dan piranti lainnya seperti telpon, dll
  • Atur meja anda dengan mempertimbangkan bagaimana perangkat itu akan digunakan. Perangkat yang paling sering digunakan seperti mouse dan telepon, tempatkan di posisi yang paling mudah dijangkau.
  • Atur pencahayaan ruang kerja anda secara optimal, cahaya yang terlalu kuat mengakibatkan tampilan monitor tidak tajam, cahaya rendah potensi menyebabkan gangguan pada mata anda. Hindari lampu yang menyorot langsung ke monitor karena akan memunculkan pantulan di layar. Usahakan posisi sejajar terhadap jendela, jangan berhadapan atau membelakangi.
  • Buku, laporan, atau bahan cetakan lain yang dibutuhkan dalam bekerja dengan komputer sebaiknya diletakkan di dekat monitor. Bisa di bawah atau disampingnya.

Kursi

Kursi salah satu komponen penting di tempat kerja anda. Kursi yang baik akan mampu memberikan postur dan sirkulasi yang baik dan akan membantu menghindari ketidaknyamanan. Pilih kursi yang nyaman, dapat diatur, dan memiliki penyangga punggung.
kursi ergonomik
Aturlah kursi sebagai berikut sehingga :
  • Paha anda dalam posisi horisontal dan punggung bagian bawah atau pinggang anda terdukung. Tanpa ini,punggung dan pinggang anda berpotensi mendapatkan gangguan.
  • Bila kursi kurang dapat diatur, bagian bawah punggung dapat dibantu dengan diberi bantal.
  • Telapak kaki anda harus dapat menumpu secara rata di lantai ketika duduk dan ketika menggunakan keyboard.
  • Apabila tidak dapat maka kursi anda mungkin terlalu tinggi dan anda dapat manfaatkan penyangga kaki.
  • Kadang-kadang ubahlah posisi duduk anda selama bekerja karena duduk dalam posisi tetap dalam jangka lama akan mempercepat ketidaknyamanan.

Keyboard

Keyboard Ergonomics
Keyboard Ergonomics
Sebagai perangkat input, perangkat ini mutlak diperlukan dan selalu kita pegang ketika kita bekerja dengan komputer. Untuk pemakaian yang nyaman usahakan dalam posisi sebagai berikut:
  • Posisikan keyboard sehingga lengan anda dalam posisi relaks dan nyaman, dan lengan bagian depan dalam posisi horisontal
  • Pundak anda dalam posisi relaks tidak tegang dan terangkat ke atas.
  • Pergelangan tangan harus lurus, tidak menekuk ke atas atau kebawah.
  • Ketika mengetik tangan harus ikut bergeser kekiri kanan sehingga jari tidak dipaksa meraih tombol-tombol yang dimaksud.
  • Jangan memukul tombol, tekan tombol secara halussehingga tangan dan jari anda tetap relaks.
  • Perimbangkan untuk memanfaatkan keyboard ergonomik yang dirancang untuk dapat diatur sesuai ukuran jari dan posisi lengan.
  • Manfaatkan fitur shortcut dan macro untuk melakukan suatu aktivitas di komputer. Misal ; Ctrl+C untuk menyimpan. Shortcut / macro akan mampu mengurangi aktivitas penekanan tombol.
  • Seperti penjelasan di atas, postur dan posisi yang salah dalam pemakaian keyboard maupun mouse potensi menyebabkan gangguan Carpal Tunnel Syndrome.

 Mouse

mouse ergonomi
mouse ergonomi
  • Tempatkan mouse dekat dan di permukaan yang sama dengan keyboard sehingga anda dapat meraih dan menggunakannya tanpa harus meregangkan tangan ke posisi yang berbeda
  • Pegang mouse secara ringan dan klik dengan tegas. Gerakkan mouse dengan lengan, jangan hanya dengan pergelangan anda. Jangan tumpukan pergelangan atau lengan bagian depan di meja ketika anda menggerakkan mouse
  • Untuk jenis rolling-ball mouse ,bersihkan mouse secara periodik karena mouse yang kotor akan mengganggu pergerakan kursor dan menyebabkan pergelangan menjadi tegang.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan scroll-point mouse, sehingga gerakan scrolling di layar dapat lebih mudah dilakukan.
  • Gunakan optical mouse untuk memperoleh gerakan kursor yang lebih presisi. Pekerjaan di bidang Cad/grafis sebaiknya menggunakan mouse jenis ini. Usaha untuk mengarahkan kursor secara presisi akan cenderung meningkatkan ketegangan di otot lengan dan bahu.

Monitor

ergonomi monitor
ergonomi monitor
  • Posisi layar monitor sedemikian rupa sehingga dapat meminimalisir pantulan cahaya dari lampu, jendela atau sumber cahaya lainnya. Apabila tidak memungkinkan untuk mengatur posisi layar monitor, pertimbangkan untuk memasang filter di depan layar monitor
  • Untuk kenyamanan, atur monitor sehingga mata anda sama tingginya dengan tepi atas layar, sekitar 5-6cm di bawah bagian atas casing monitor. Monitor yang terlalu rendah akan menyebabkan leher dan pundak anda nyeri.
  • Atur posisi sehingga jarak anda dan monitor berkisar 45cm – 70 cm. Monitor yagn terlalu dekat mengakibatkan

SISTEM INFORMASI - MENGENAL JARINGAN KOMPUTER

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).

Sejarah Jaringan komputer

Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.
Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.[4] Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer.Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik di tahun 1969Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Di tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dan di tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing).  Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer.  Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
Di tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET. Program tersebut begitu mudah untuk digunakan, sehingga langsung menjadi populer.[5] Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat.[5] Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet). Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.[5] Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.[5] Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.
Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network) di tahun 1979.[6] Tahun 1981, France Telecom menciptakan sesuatu hal yang baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon yang juga berhubungan dengan video link.
Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan.Untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal hingga saat ini. Sementara itu, di Eropa muncul sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.  Pada 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.
Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting ).Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. Program inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web.
Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer di tahun 1992. Dan di tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah)Dan di tahun 1994, situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul di situs. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.

 Tujuan dari jaringan komputer

Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).[1] Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Manfaat Jaringan

Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi.
  • Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.
  • Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
  • Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
  • Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.
  • Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.

Klasifikasi jaringan komputer Berdasarkan Georafisnya

Berdasarkan geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN), Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN).

Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.
Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota. MAN dapat mencakup perusahaan yang memiliki kantor-kantor yang letaknya sangat berdekatan dan MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan bias disambungkan dengan jaringan televisi kabel. Jaringan ini memiliki jarak dengan radius 10-50 km. Didalam jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang fungsinya untuk mengatur paket data melalui kabel output.
Namun ada alasan utama untuk memisahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel unidirectional dimana semua komputer dihubungkan.

Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN)

LAN (Local Area Network)

Salah satu segmen industri komunikasi yang tumbuh dengan pesat sejak tahun 1989-an adalah Jaringan Komputer Lokal (LAN = Local Area Network). Jaringan komputer lokal menghubungkan peralatan yang terbatas pada area geografi yang kecil. Jarak yang sebenarnya dapat dicapai LAN tergantung pada implementasi tertentu. LAN menjangkau area lokal yang telah ditentukan, seperti ruang kantor, satu bangunan atau sekelompok bangunan.
Kebanyakan LAN diimplementasikan untuk mentransfer data diantara pemakai dalam jaringan atau membagikan sumber diantara pemakai. Implementasi LAN dapat dilengkapi dengan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi tanpa membutuhkan operator sistem untuk menjalankan proses transmisi. Bahkan ketika menyambungkan LAN ke jaringan area yang lebih luas yang menjangkau ribuan mil, transfer data diantara para pemakai dalam jaringan menjadikan efektifitas waktu dan dalam banyak kasus tidak akan menimbulkan masalah.
Alasan lain pengimplementasian LAN adalah untuk membagi sumber-sumber hardware dan software diantara pemakai jaringan. LAN juga memungkinkan pemakai untuk bersama-sama menggunakan software dan data yang dihasilkan oleh software.
LAN (Local Area Network)
LAN (Local Area Network)

Wide Area Network (WAN)

WAN adalah singkatan dari Wide Area Network yang berarti Jaringan Area Luas, berupa jaringan komputer yang mencakup area besar seperti antar negara atau bahkan benua, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN dimanfaatkan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer yang berada pada lokasi yang lain, dan juga dimanfaatkan untuk menghubungkan LAN antar lokasi.  Klebihan dari sistem jaringan WAN adalah emiliki sistem jaringan yang luas sehingga dapat mencapai Negara, benua, bahkan seluruh dunia. Apabila terhubung dengan jaringan internet transfer file pada tempat yang saling berjauhan. Dapat di lakukan dengan cepat menggunakan email. Dapat menghubungkan komputer pada suatu kawasan yang lebih luas hanya dalam waktu beberapa menit, tanpa perlu menyediakan sejumlah uang yang besar untuk membayar telepon per bulannya. Kekuranurangan dari sistem jaringan WAN Jaringan WAN lebih rumit dan sulit dalam hal settingan dan alat-alat yang dibutuhkan sangatlah mahal. WAN memerlukan perbagai peralatan dan data sebelum jaringan setempat dan metropolitan berhubungan dengan komunikasi secara global dan antarabangsa seperti internet. Jarak jangkauan jaringan WAN sangatlah luas dapat mencapai seluruh wilayah negara atau bahkan benua, Jarak yang bisa ditempuh oleh suatu jaringan WAN berkisar pada 100 KM sampai dengan 1000 KM. Dan mempunyai kecepatan antara 1.5 Mbps sampai dengan 2.4 Gbps
WAN (Wide Area Network)
WAN (Wide Area Network)
Infranstrukur WAN
Seperti LAN (Local Area Network), Terdapat sejumlah perangkat jaringan WAN yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN. Penggabungan perangkat tersebut akan menciptakan infrastruktur WAN. Perangkat-perangkat tersebut adalah :  Router,  ATM Switch, Modem and CSU/DSU, Communication Server,  Multiplexer,  X.25/Frame Relay Switches

Router 

Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.
Router
Router
Switch ATM 
Asynchronous Transfer Mode adalah suatu nama teknologi jaringan berkecepatan tinggi yang connection–oriented yang sudah banyak digunakan baik dalam Local Area Network (LAN) maupun Wide Area Network (WAN). Yang dimaksud dengan jaringan berkecepatan tinggi saat ini adalah jaringan yang beroperasi pada kecepatan 100 Mbps atau lebih. ATM dapat men-switch data pada kecepatan gigabit(1000 Mbps). Tentu saja kecepatan yang tinggi tersebut membutuhkan peralatan yang kompleks dan rumit, karena itu jaringan ATM lebih mahal dibandingkan dengan teknologi lain. Untuk mencapai kecepatan transfer yang tinggi, sebuah jaringan ATM menggunakan perangkat keras dan tehnik perangkat lunak yang spesial, yaitu :  Sebuah jaringan ATM memiliki satu atau lebih switch berkecepatan tinggi, yang terhubung ke host-host komputer atau switch-switch ATM lainnya. ATM menggunakan fiber optikal untuk koneksi, termasuk koneksi dari host komputer ke ATM switch, yang menyediakan transfer rate yang lebih tinggi dibanding kabel tembaga. Biasanya koneksi antara host komputer dengan ATM switch berkisar antara 100-155 Mbps. Layer terbawah pada jaringan ATM menggunakan fixed-size frame yang disebut cells. Karena tiap sel panjangnya sama, perangkat keras ATM switch dapat memproses sel-sel secara cepat.
Connection Oriented Networking dalam ATM
ATM berbeda dari jaringan packet-switching karena menawarkan layanan connection-oriented. Sebelum sebuah host komputer yang terhubung ke ATM dapat mengirim cells, host tersebut terlebih dahulu berinteraksi dengan switch untuk menentukan sebuah tujuan. Interaksi tersebut dapat dianalogikan seperti membentuk sambungan telepon. Host tersebut menspesifikasikan alamat remote komputer, dan menunggu ATM switch untuk mengontak sistem remote tersebut dan membentuk sebuah path. Jika komputer yang dituju (remote) menolak permintaan tersebut, tidak merespon, atau ATM switch tidak dapat menjangkaunya, permohonan untuk komunikasi tersebut gagal.
Ketika sebuah koneksi berhasil, ATMN switch lokal memilih sebuah identifier untuk koneksi tersebut, dan meneruskan identifier tersebut ke komputer host dengan sebuah pesan yang memberitahukan sukses ke host tersebut. Komputer host menggunakanidentifier tadi ketika mengirim dan menerima cells.
Ketika selesai menggunakan koneksi, host kembali berkomunikasi dengan ATM switch untuk meminta pemutusan koneksi. Switch kemudian memutuskan kedua komputer. Pemutusan ini sama dengan pemutusan sambungan telepon di akhir sambungan telepon. Sesudah pemutusan, switch dapat menggunakan kembali identifier koneksi yang tadi.
Perangkat Keras ATM
Komponen dasar sebuah jaringan ATM adalah suatu special-purpose electronic switchyang dirancang untuk mentransfer data pada kecepatan yang sangat tinggi. Switch yang kecil biasanya dapat menghubungkan antara 16 dan 32 komputer. Untuk menyediakan komunikasi data pada kecepatan tinggi, setiap koneksi antara komputer dengan ATM switch menggunakan sepasang fiber optikal. Gambar berikut memperlihatkan koneksi antara komputer host dengan ATM switch.
Walaupun sebuah ATM switch memiliki kapasistas terbatas, banyak switch dapat dihubungkan untuk membangun jaringan yang lebih besar. Untuk menghubungkan komputer pada dua sisi ke dalam jaringan yang sama, sebuah switch dapat dipasang pada tiap sisi, dan kedua switch tersebut kemudian dapat dihubungkan. Koneksi antara dua switch agak berbeda dengan koneksi antara switch dengan host komputer. Koneksi antar switch dapat dilakukan pada kecepatan yang lebih tinggi dan dapat menggunakan protokol yang dimodifikasi. Gambar berikut mengilustrasikan topologi tersebut dan perbedaan antara sambungan antar jaringan atau Network to Network Interface (NNI), dan sambungan antara pengguna dengan jaringan atau User to Network Interface (UNI).
Gambar diatas memperlihatkan 3 buah ATM switch yang digabungkan membentuk sebuah jaringan besar. Meskipun antar muka NNI dirancang untuk digunakan antar switch, koneksi UNI dapat digunakan antar ATM switch dalam sebuah jaringan privat.
Walaupun arsitektur fisikal memperbolehkan sebuah jaringan ATM terdiri dari banyak switch, perangkat keras ATM menyediakan layanan sambungan komputer dengan suatu jaringan fisik. Komputer yang terhubung dalam jaringan ATM tidak perlu mengetahui struktur fisik dari jaringan sehingga jaringan ATM secara logis dapat dilihat sebagai berikut :
ATM Cell Transport
Pada level yang paling bawah, sebuah jaringan ATM menggunakan fixed-size frane yang disebut cells untuk membawa data. ATM membutuhkan semua sel berukuran sama karena dengan demikian memungkinakan untuk membuat perangkat keras untuk switching yang lebih cepat. Setiap sel ATM panjangnya 53 oktet, yang terdiri dari 5 oktetheader dan 48 oktet data.

Modem (modulator / demodulator),

Modem Internal
Modem Internal
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Modem External
Modem 3GP
Modem GSM
Modem CDMA
Modem ADSL
Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, sehingga pengguna dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Di sisi lain, pengguna tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.

CSU/DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit),
CSU/DSU sama seperti modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melalui jaringan telephone digital. CSU/DSU biasanya berupa kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah : CSU atau DSU.

Multiplexer

Sebuah Multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkit (circuit). Multiplexer dapat mentransfer beberapa data secara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain-lain.

Communication Server

Communication Server adalah server khusus â€Å“dial in/out bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.
Communication Server
Communication Server
Switch X.25 / Frame Relay
Switch X.25 dan Frame Relay menghubungkan data lokal/private melalui jaringan data, mengunakan sinyal digital. Unit ini sama dengan switch ATM, tetapi kecepatan transfer datanya lebih rendah dibanding dengan ATM. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat untuk anda.

Klasifikasi jaringan komputer Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi Jaringan Klien-server (Client-server) dan Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer).  Jaringan klien-server pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client). Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer peladen, komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi peladen, sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-server, print-server, database server dan sebagainya. Tentu saja konfigurasi komputer peladen biasanya lebih dari konfigurasi komputer klien baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras {harddisk), maupun kecepatan prosessornya.  Sedangkan jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak.

Klasifikasi Berdasarkan topologi

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas: Topologi bus, Topologi bintang, Topologi cincin, Topologi mesh, Topologi pohon, Topologi linierm
Topologi Bus
Topologi bus menghubungkan komputer satu dengan lainnya secara berrantai dengan perantara suatu kabel yang umumnya berupa kabel tunggal jenis koaksial ( coaxial ). Semua Node dihubungkan secara seri menggunakan kabel tersebut. Topologi bus umumnya tidak menggunakan suatu peralatan aktif untuk menghubungkan komputer. Oleh karena itu, pada ujung-ujung kabel koaksial harus ditutup dengan tahanan untuk menghindari pantulan yang dapat menimbulkan gangguan yang menyebabkan kemacetan jaringan.
Topologi Bus
Topologi Bus
Keuntungan menggunakan topologi bus, yaitu:
  • Hemat kabel dan harganya lebih murah, karena harga kabel yang digunakan lebih murah dan pada jaringan ini tidak dibutuhkan hub.
  • Layout kabel sederhana
  • Jika salah satu komputer mati maka tidak akan menganggu komputer yang lain.
  • Mudah dikembangkan.
Kelemahan menggunakan topologi bus yaitu:
  •  Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
  • Lalu lintas data yang padat sehingga sering terjadi tabrakan file data yang dikirim.
  • Apabila salah satu client rusak atau kabel putus maka jaringan tidak berfung

Topologi Star

topologi star
topologi star
Topologi star merupakan topologi jaringan yang paling sering digunakan. Pada topologi star, kendali terpusat dan semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut ke
Topologi star merupakan topologi jaringan yang paling sering digunakan. Pada topologi star, kendali terpusat dan semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut ke semua simpul atau komputer yang dipilihnya. Simpul pusat disebut dengan stasiun primer atau server dan bagian lainnya disebut dengan stasiun skunder atau client. Pada Topologi star, koneksi yang terganggu antara suatu node dan hub tidak mempengaruhi jaringan. Jika hub terganggu ( rusak ) maka semua node yang di hubungkan ke hub tersebut tidak dapat saling berkomunikasi. Node adalah Titik suatu koneksi atau sambungan dalam jaringan, sedangkan hub berfungsi untuk menerima sinyal-sinyal dan meneruskan kesemua komputer yang terhubung dengan hub.
Keuntungan menggunakan topologi star yaitu:
Fleksibelitas tinggi.
  • Penambahan atau perubahan komputer sangat mudah dan tidak menganggu bagian jaringan lain, yaitu dengan cara menarik kabel menuju hub.
  • Kontrol terpusat sehingga mudah dalam pengelolaan jaringan.
  • Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan atau kerusakan, jika terdapat salah satu kabel yang menuju node terputus maka tidak akan mempengaruhi jaringan secara keseluruhan. Hanya kabel yang putus yang tidak dapat digunakan.
  • Jumlah pengguna komputer lebih banyak daripada topologi Bus
Kelemahan menggunakan topologi star yaitu:

  • Boros kabel
  • Perlu penanganan khusus
  • Jika Hub Rusak maka jaringan yang berada dalam satu hub akan rusak.

Topologi cincin

Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.
Topologi Cincin
Topologi Cincin

Kelebihan Topologi Cincin

  •  Hemat kabel
  • Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data

Kelemahan Topologi Cincin

  •  Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan.
  • Pengembangan jaringan lebih kaku
  • Sulit mendeteksi kerusakan
  • Dapat terjadi collision[dua paket data tercampur]
  • Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus bandels
 Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.
Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.[9]
Berdasarkan media transmisi data
Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan.[9] Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan
Jaringan nirkabel(Wi-Fi)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Tuesday, February 3, 2015

MEMBUAT DOMAIN DI CO.CC

Kalau Anda ingin punya domain gratis Anda bisa mendaftar dengan mudah di CO.CC. Domain ini nantinya dapat digunakan untuk banyak hal.  Antara lain, (1) untuk menjadi domain blog Anda di blogspot, (2) menjadi domain Anda di wordpress.com; (3) menjadi domain Anda dengan hosting gratis di 000webhost.com. Fungsi nomor (3) ini khusus bagi Anda yang ingin berlatih memiliki situs dengan domain dan hosting sendiri.
Cara daftar di CO.CC
1.      Kunjungi CO.CC (aff).
2.      Di kotak yang tersedia (lihat gambar 1), isi alamat yang diinginkan. Contoh. namasaya.co.cc. Klik “Check Availability”. Kalau “Available” (belum ada yang punya), teruskan prosesnya. Kalau sudah ada yang pakai, ulangi lagi dengan mengisi nama yang lain.
3.      Klik “Continue to Registration” (lihat gambar 2)
4.      Klik “Create an Account Now” di bagian paling bawah (lihat gambar 3).

5.      Isi formulir (lihat gambar 4). Jangan lupa kasih tanda tik (centang) di bagian paling bawah pada “I accept the Terms of Service”
6.      Klik “Create an account now.”
7.      Proses daftar domain selesai (gambar 5).
Selanjutnya kita harus mensetting domain tersebut untuk diarahkan sesuai tujuan kita. Yang paling mudah adalah redirect atau URL forwarding.
Berikut sejumlah fungsi yang dapat kita lakukan untuk set-up domain co.cc kita:
A. Fungsi Redirect / URL Forwarding
1.      Klik “Set-up”
2.      Kasih tanda tik pada button (lobang) nomor 3. URL Forwarding (gambar 7)

3.      Isi alamat blog Anda yang akan diredirect (gambar 8 [delapan])
4.      Klik “Set Up”.
5.      Ada tulisan ” Your change has been submitted.” Klik “OK”.
6.      Selesai (gambar 9).

Catatan:
  • Redirect atau URL forwarding adalah fungsi termudah dari domain co.cc. Fungsi-fungsi lain yang advanced (tindak lanjut) seperti integrasi dengan blogspot atau wordpress.com serta memakai hosting 000webhost.com akan ditulis pada posting tersendiri. InsyaAllah.
  • Membuat redirect / url forwarding bersifat sementara karena kalau tidak diset-up lebih dari 2 hari alamat yang kita buat akan di-cancel. Setelah itu, kita bisa merubahnya dengan setting advanced kalau sudah ada waktu.

Sunday, February 1, 2015

BAB 8 AKSES INFORMASI DENGAN INTERNET

A. Memulai Pencarian
      1. Memulai Pencarian Informasi
Sebelum mulai melakukan pencarian, kita perlu mendefinisikan topik yang akan kita cari selengkap dan seringkas mungkin. Jika perlu, kita dapat menuliskan semua informasi yang kita perlukan, mengapa kita mencari informasi tersebut, dan informasi apa yang tidak kita perlukan. Hal ini akan menuntun kita untuk menentukan kata kunci (Keyword) yang tepat dalam proses pencarian. Jika kita tidak memiliki fokus, kita akan tenggelam dalam lautan informasi tanpa tentu arah selama berjam-jam tanpa memperoleh informasi yang berguna.
1. Klik Start
2. Klik All Programs
3. Klik program web browser
Pada contoh di bawah ini menggunakan Mozilla Firefox.
4. Ketikkan alamat web mesin pencari pada kotak address. Misalkan www.google.com
5. Setelah halaman google ditampilkan ketikkan kata kunci pada kotak pencarian.
6. Setelah menulis kata kunci kemudian klik tombol penelusuran Google. Google akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci.
7. Untuk melihat informasi lebih detail, arahkan mouse pada teks yang bergaris biru. Kursor akan berubah menjadi gambar tangan menunjuk. Double klik mouse, informasi yang kalian pilih akan dtampilkan.

      2. Menyimpan Hasil Pencarian
Informasi yang kita peroleh dari internet dapat kita simpan dengan cara  :
1) Klik File – Save Page
2) Pilih lokasi penyimpanan pada kotak Save in. Beri nama file pada kotak File name. Klik save.
3) Setelah tombol Save diklik maka akan ditampilkan proses pengunduhan data (download).
Dalam mencari informasi dengan internet terkadang kita hanya membutuhkan gambar-gambar dari internet. Untuk mengunduh gambar dari internet caranya  :
1) Setelah hasil pencarian gambar ditampilkan, sorot gambar yang akan diunduh kemudian klik gambar.
2) Halaman akan menampilkan situs gambar. Klik Gambar ukuran penuh di sebelah kanan.
3) Setelah gambar ditampilkan secara penuh, klik kanan – pilih Save Image As.
4) Pilih lokasi penyimpanan pada Save in – klik Save.
      3. Mencetak Halaman Web
Informasi yang kalian dapat dari internet dapat kalian cetak dengan printer. Untuk mencetak halaman website caranya  :
1) Klik File – Print Preview
Print Preview untuk melihat hasil cetakan sebelum di print. Ketika mencetak halaman web maka secara otomatis semua akan tercetak, dengan melihat hasil cetakannya sebelum di print kalian dapat menentukan halaman penting mana yang akan kalian cetak sehingga lebih efisien.
2) Tentukan jenis printer pada kotak Name. Tentukan halaman yang akan dicetak pada Print range.
      4. Mengolah Informasi dari Internet
Informasi dari internet dapat kita olah. Untuk mengolah informasi dari internet tidak dapat langsung pada halaman akan tetapi kita pindahkan terlebih dahulu ke dalam pengolah kata. Untuk menyalin informasi dari internet ke pengolah kata caranya  :
1) Seleksi informasi yang kalian inginkan.
2)  Klik menu File – Copy
3)  Buka pengolah kata pada komputer.
4)  Klik paste
5)  Setelah informasi berada pada pengolah kata, kalian dapat mengolahnya seperti mengganti huruf, mengedit teks dsb.
6)  Simpan informasi yang telah kalian olah dengan klik ikon Save.
B.     Teknik Menulis Kata Kunci
Ada beberapa teknik penulisan kata kunci agar hasil pencarian maksimal.berikut ini penjelasannya.
      1.            Karakter Matematika
      2.            Simbol Boolean

BAB 7 FASILITAS INTERNET

This summary is not available. Please click here to view the post.

BAB 6 BROWSING INTERNET

A. Browsing Internet
Penjelajah web (Inggris:web browser), disebut juga peramban adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Penjelajah web yang paling populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.
Penjelajah web pertama kali berbasis teks, seperti halnya Lynx yang paling populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu.

Dewasa ini internet bukan merupakan sesuatu yang aneh di masyarakat, karena  penggunaan internet sebagai media komunikasi massa sudah hampir kita temui di mana-mana. Untuk dapat menjelajahi internet tersebut diperlukan sebuah software yang disebut web browser. Proses pencarian di halaman web atau internet disebut browsing. Karena informasi dalam internet ditulis dan dibuat dengan kode HTML, maka kode-kode ini hanya dapat dibaca oleh komputer yang dilengkapi program yang disebut dengan web browser. Web browser berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode HTML menjadi sebuah halaman web. Browser berperan dalam membantu menjelajahi dunia internet. Beberapa software web browser yang sering digunakan di antaranya sebagai berikut  :
1. Internet Explorer
2. Netscape Navigator
3. Mozilla Firefox
4. Opera
5.  Google Chrome
B.    Internet Explorer
Internet Explorer adalah salah satu software web browser yang sangat terkenal dan banyak digunakan. Untuk menjalankan Internet Explorer tidak berbeda dengan software lain.
      1. Memulai Internet Explorer
Kita dapat menjalankan Internet Explorer dengan dua cara, yaitu  :
  1. Klik shortcut Internet Explorer di desktop.
  2. Klik ikon Internet Explorer dari menu Start, langkahnya yaitu  :
1) Klik menu Start
2)  Pilihlah All Programs
3)  Carilah Internet Explorer dan kemudian klik
4)  Maka jendela Internet Explorer akan ditampilkan.
Berikut adalah konfigurasi Internet Explorer  :
a.      View
Apabila kalian mengklik menu bar view maka di dalamnya akan muncul submenu seperti gambar dibawah ini.
1) Toolbars
Memilih toolbar pada menu bar maka akan ditampilkan di jendela Internet Explorer, submenu yang ditampilkan empat pilihan pada submenu di bawah ini. Perintah dari submenu toolbars  :
a)  Standard Buttons  :  menampilkan tombol standar (back, forward dsb)
b)  Address bar  :  menampilkan address bar (tempat kalian mengetikkan alamat website yang dikehendaki).
c)  Links  :  menampilkan atau mengaktifkan toolbar links.
d)  Text labels  :  menambahkan label/nama dibawah tombol kalian.
2) Status bar digunakan untuk menampilkan baris status di bagian bawah jendela Internet Explorer. Submenu Explorer bar digunakan untuk menampilkan jendela tambahan di bagian kiri jendela Internet Explorer. Di dalam submenu ini ada beberapa pilihan. Kalian dapat mencoba dengan memilih submenu berikut ini dan perhatikan perubahan pada browser kalian.
3)  Text size digunakan untuk mengatur ukuran font yang ditampilkan. Ada lima pilihan ukuran seperti gambar submenu di bawah ini.
4) Stop digunakan untuk menghentikan akses halaman web yang sedang dilakukan.
5)  Refresh digunakan untuk memperbaharui atau mengulang halaman web yang sedang dibuka tetapi belum sempurna.
6)  Source digunakan untuk menampilkan tampilan asli dokumen HTML dari halaman web yang sedang dibuka.
7)  Full screen digunakan untuk menampilkan halaman web satu layar penuh.
b.      Favorites
Apabila kalian mengaktifkan menu bar favorites maka di dalamnya akan terdapat submenu seperti gambar dibawah ini.
1)  Add to favorites berfungsi menambahkan alamat halaman web yang sedang dibuka ke menu favorites.
2)  Organize Favorites digunakan untuk menata isi folder favorites.
3) Links digunakan untuk mengakses program yang sudah tersimpan dalam menu links. Biasanya program ini merupakan program yang pernah kalian akses sebelumnya.
4)  My Documents adalah submenu yang digunakan untuk melihat file yang sudah disimpan dalam My Documents. Semua menu yang diawali dengan tanda explorer merupakan alamat web yang dapat kalian akses.
c. Tools
Apabila kalian mengklik menu perintah Tools maka di dalamnya akan dijumpai submenu perintah seperti gambar di bawah ini.
d.  Help
Pada menu bar Help apabila kalian aktifkan maka akan ditampilkan submenu seperti gambar di bawah ini.
1) Content and Index berfungsi membuka jendela Help.
2) Online Support digunakan untuk meminta bantuan langsung ke situs web Microsoft. Microsoft on the web digunakan untuk masuk ke situs microsoft. Ada beberapa pilihan di sini, yaitu free stuff, get faster internet access, frequently asked questions, internet start page, send feedback, best on the web, serach the web, dan Microsoft home page.
3) About Internet Explorer digunakan untuk melihat informasi tentang Internet Explorer yang kalian gunakan.
      2. Mengenal Jendela Internet Explorer
Dalam  mengakses internet dengan browser Internet Explorer (IE), kita dapat melihat beberapa bagian. Perhatikan gambar berikut.
a. Title bar
Title bar atau baris judul terdapat di bagian atas jendela Internet Explorer yang terletak di kiri atas dan pada bagian ini pula terdapat judul halaman website.
Sementara itu, di sebelah kanan berisi tombol ukuran (sizing button) yang terdiri atas minimize, maximize, restore dan close.
b.  Menu bar
Menu bar merupakan tempat menu-menu yang terdapat di jendela Internet Explorer ditempatkan.
c.  Address bar
Address bar/bar alamat merupakan kotak teks yang berfungsi untuk menuliskan alamat website yang ingin dikunjungi di internet.
d.  Status bar
Status bar terdapat di bagian bawah jendela browser internet Explorer yang berfungsi untuk menampilkan proses yang sedang dilakukan.
      3. Navigasi  Browser
Berikut ini beberapa tombol navigasi yang banyak digunakan dalam browser Internet Explorer. Tombol-tombol tersebut adalah sebagai berikut  :
a. Dropdown address
Tombol dropdown address ini terletak di sebelah kanan pada address bar yang berbentuk segitiga kecil. Apabila tombol ini kalian klik, maka akan terlihat beberapa alamat URL (Universal Resource Locator) yang pernah dibuka sebelumnya.
b.  Back
Digunakan untuk kembali satu langkah ke halaman web site sebelumnya.
c.  Forward
Digunakan untuk menuju satu langkah ke halaman berikutnya yang pernah ditampilkan.
d.  Refresh
Digunakan untuk melakukan proses pemanggilan kembali atau pembacaan ulang website.
e.  Stop
Digunakan untuk menghentikan/membatalkan aktivitas/proses pemanggilan website (download).
f.  Favorites
Digunakan untuk menampilkan alamat website favorit.
g.  Home
Digunakan untuk kembali ke home page default dari Internet Explorer, dimana home page default merupakan halaman pertama dari website yang sedang kita buka.
h.  Print
Digunakan untuk mencetak halaman website tertentu yang sedang dibuka.
C.  Mozilla Firefox
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan.
Sama halnya dengan browser Internet Explorer, untuk menjalankan browser Mozilla firefox juga ada 2 cara, yaitu  :
1) Klik shortcut Mozilla di desktop
2)  Klik Start →pilih All Programs →klik Mozilla Firefox.
Browser Mozilla Firefox mempunyai beberapa menu, yaitu  :
  1. File
Menu File terdiri atas submenu  : New Window, New Tab, Open Location, Open File, Close Windows, Close Tab, Save Page As, Send Link, Page Setup, Print Preview, Print, Import, Work Offline, Exit.
  1. Edit
Menu Edit terdiri atas submenu  :  Undo, Redo, Cut, Copy, Paste, Delete, Select All, Find, Find Again.
  1. View
Menu View terdiri atas submenu  :  Toolbars, Status bar, Side Bar, Stop, Reload, Zoom, Page Style, Character Encoding, Page Source, Full Screen.
  1. History
Menu History terdiri atas submenu  :  Back, Forward, Home, Show All, Recently Close Tabs, Recently Closed Windows.
  1. Bookmarks
Menu Bookmarks terdiri atas submenu  :  Bookmark This Page, Subscribe to This Page, Bookmark All Tabs, Organize Bookmarks, Bookmarks Toolbar, Recently Book Market, Recent Tags, Get Bookmark Add-ons, Mozilla Firefox, MSN.com, Radio Station Guide.
  1. Tools
Menu Tools terdiri atas submenu  :  Web Search, Downloads, Add-ons, Error Console, Page Info, Start Private Browsing, Clear Recent History, Options.
  1. Help
Menu Help terdiri atas submenu  :  Help contents, For Internet Explorer Users, Release Notes, Report Broken Web Site, Report Web Forgery, Check for Updates, About Mozilla Firefox.
D.    Istilah-istilah Penting Seputar Internet dan Web
  1.  Address bar  :  baris tempat penginputan nama domain atau alamat-alamat web lainnya pada browser web.
    2. Bandwidth  :  istilah yang digunakan untuk mengukur kecepatan (jumlah data) yang dikirimkan melalui koneksi internet.
    3.  Blog  :  layanan di web yang digunakan untuk menulis jurnal yang biasanya diupdate setiap hari.
    4.  Blogging  :  kegiatan mengupdate informasi di blog.
    5.  Blogger  :  pemilik blog.
    6.  Browser atau browser web (web browser)  :  software yang digunakan untuk menelusuri dan menampilkan informasi dari web server, seperti Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox, Safari.
    7.  CSS (Cascading Style Sheets)  :  bahasa yang direkomendasikan W3C (World Wide Web Consortium) untuk mendefinisikan style (seperti jenis, ukuran, warna huruf, dll) untuk dokumen web.
    8.  Content  :  isi sebuah website yang mencangkup, teks, gambar, atau media-media lainnya.
    9.  Download  :  transfer file atau informasi dari komputer lain ke komputer kita.
    10. Domain  :  di dunia internet atau web, domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah alamat komputer.
    11. FAQ  :  kependekan dari Frequently Asked Questions atau “pertanyaan yang sering diajukan”. FAQ merupakan salah satu feature website yang menyajikan daftar jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan berkaitan dengan layanan atau penggunaan informasi yang disajikan oleh website tersebut.
    12. FTP  :  File Transfer Protocol, yaitu protokol yang memungkinkan seseorang mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya.
    13. Favicon  :  Favicon atau Favorites Icon adalah grafik yang berukuran kecil yang dihubungkan dengan sebuah web.
    14. GIF  :  Graphic Interchange Format. Format File yang digunakan untuk mentransfer file-file grafik ke dan dari layanan-layanan online.
E.    Alamat Website
Sebuah alamat website merupakan kombinasi dari protokol yang digunakan, nama host dan nama domain. Nama domain sendiri dapat terdiri atas perusahaan atau nama website beserta kode-kode yang menjelaskan asal dan benyuk organisasi dari pemilik website tersebut.
Untuk memudahkan mengenali alamat website, penamaan alamat website diberi nama domain, yaitu abjad yang ditambahkan setelah nama website. Nama domain dapat saja berupa negara, lembaga atau organisasi. Perhatikan contoh alamat di bawah ini !
Alamat URL tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut  :
1) Protokol yang digunakan  :  http.
2)  Nama komputer host  :  www
3)  Nama domain level kedua  : itb.
4) Nama domain level pertama  :  ac.id (akademik di indonesia).
5)  Nama direktori  :  pascasarjana.
6)  Nama file  :  syarat_pendaftaran.htm
Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjelajahi internet. Di antaranya adalah sebagai berikut  :
      1. Mengunjungi Website Tertentu
Caranya  :
    1. Jalankan Internet Explorer.
    2. Klik di bar alamat untuk meletakkan kursor mouse di bar alamat tersebut.
    3. Ketik alamat website yang akan dikunjungi, misalnya www.google.com, www.yahoo.com, dll, kemudian tekan tombol enter di keyboard.
      2.  Menjalankan Beberapa Jendela Browser
Caranya  :
  1. Jalankan browser dan masukkan alamat website pertama yang ingin dikunjungi.
  2. Sebelum alamat yang pertama ditampilkan, klik menu file, pilih New dan klik Window. Sebuah jendela browser baru akan ditampilkan.
  3. Pada jendela browser yang baru ditampilkan, klik tombol stop.
  4. Masukkan alamat website kedua yang ingin dikunjungi.
  5. Lakukan kembali jika kita ingin membuka website berikutnya.
      3.  Menambahkan Daftar Website ke Favorites
Caranya  :
  1. Tampilkan jendela browser dengan website yang ingin ditambahkan ke Favorites di layar monitor.
  2. Klik tombol Favorites. Task Pane Favorites akan ditampilkan di jendela browser.
  3. Klik tombol Add. Kotak dialog Add Favorites akan ditampilkan.