Secara fisik, internet dapat digambarkan seperti jaring-jaring yang
menyerupai jaring laba-laba yang menyelimuti bumi yang terhubung
melalui titik-titik (node). Node dapat berupa komputer maupun peralatan (peripheral) lainnya.
Istilah INTERNET berasal dari bahasa Latin “inter”, yang berarti
“antara”. Secara kata per kata INTERNET berarti jaringan antara atau
penghubung. Memang itulah fungsinya, INTERNET menghubungkan berbagai
jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian
rupa, sehingga mereka dapat berkomunikasi. Sistem apa yang digunakan
pada masing-masing jaringan tidak menjadi masalah, apakah sistem DOS
atau UNIX.
Sementara jaringan lokal biasanya terdiri atas komputer sejenis
(misalnya DOS atau UNIX), INTERNET mengatasi perbedaan berbagai sistem
operasi dengan menggunakan “bahasa” yang sama oleh semua jaringan dalam
pengiriman data. Pada dasarnya inilah yang menyebabkan besarnya dimensi
INTERNET.
Dengan demikian, definisi INTERNET ialah “jaringannya jaringan”, dengan
menciptakan kemungkinan komunikasi antar jaringan di seluruh dunia tanpa
bergantung kepada jenis komputernya.
- Tujuan dari proses komunikasi yang dijalankan
- Lingkup akses dan jangkauannya
- Metode atau teknologi yang digunakan untuk proses komunikasi
Manfaat/keuntungan penggunaan intranet:
- Dapat meningkatkan produktifitas kerja
- Dapat meningkatkan kerja sama
- Memudahkan komunikasi
- Efisiensi biaya
- Kemudahan mendapatkan informasi
Kekurangan/Kelemahan penggunaan intranet:
- Kemungkinan terjadi hal-hal yang kurang sesuai/sopan
- Bisa terjadi overload karena mungkin terjadi pengiriman data secara bersamaan
- Keamanan data kurang terjaga
- Perlu pelatihan/training penggunaannya
Sejarah Internet
Internet merupakan
jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan
Amerika Serikat di tahun
1969, melalui proyek
ARPA yang disebut
ARPANET (
Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan
hardware dan
software komputer yang berbasis
UNIX,
kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui
saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan,
seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar
yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang
sekarang dikenal sebagai
TCP/IP (
Transmission Control Protocol/
Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu
Departemen
Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat
sistem
jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan
nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk
keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan
non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan
akhirnya dikenal dengan nama
DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi
Internet.
Kejadian penting lainnya
Tahun 1972, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail
yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini
begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama,
ikon “@” juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan
“at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai
dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama
yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada
tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn
mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal
bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya
di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika
Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar
Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100
komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau
network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981
France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi
pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan
video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin
banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua
jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk
Transmission Control Protocol
atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara
itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan
Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan
newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada
tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal
dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan
jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah
komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi
10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus
memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah
komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam
setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah
jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim
Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah
antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan
sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah
surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi
3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau
e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama
Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran
Netscape Navigator.
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan
spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data
antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan
perbincangan
Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai
RFC
(Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet
(Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet
Architecture Board – IAB). Protokol-protokol Internet yang sering
digunakan adalah seperti,
IP,
TCP,
UDP,
DNS,
PPP,
SLIP,
ICMP,
POP3,
IMAP,
SMTP,
HTTP,
HTTPS,
SSH,
Telnet,
FTP,
LDAP, dan
SSL.
Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah
email/
surat elektronik,
Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing),
WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger,
IRC,
MUD, dan
MUSH. Di antara semua ini,
email/
surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti
milis
(Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini
(Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses
di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk
berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui
program
pengirim pesan instan seperti
Camfrog,
Pidgin (Gaim),
Trilian,
Kopete,
Yahoo! Messenger,
MSN Messenger dan
Windows Live Messenger.
Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti
IRC,
ICQ,
AIM,
CDDB, dan
Gnutella.
Manfaat/dampak positif penggunaan internet
Dampak Positif Internet
Menambah wawasan dan pengetahuan
dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Bagi para pelajar juga sangat
banyak manfaat yang bisa diambil, banyak informasi yang berkaitan dengan
pelajaran yang bisa didapat
di internet, dan tidak diperoleh di bangku sekolah karena keterbatasan
waktu mengajar guru. Bukan sekedar prestasi di sekolah yang harus
dikejar, hanya semata-mata mengejar nilai bagus di atas kertas, tanpa
tahu harus bagaimana kedepannya. Dengan banyaknya wawasan yang didapat
dari internet, akan membuka jalan pikiran yang lebih luas dan maju.
Mendapatkan banyak ide baru yang
segar dan mempunyai prospek yang bagus di masa depan. Melepaskan pola
pikir yang terkukung dan terpaku. Melihat informasi kemajuan-kemajuan
yang dicapai negara lain secara
cepat, melihat kesuksesan orang lain, tips dan triknya, yang bisa menjadi pemacu semangat belajar dan berusaha.
Sarana komunikasi, semakin
canggihnya internet memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi secara
tak terbatas. Tidak terbatas ruang dan tempat, mungkin ini juga bisa
dilakukan dengan handphone. Tentu saja, tetapi dengan jejaring sosial
seperti Facebook di internet, memungkinkan kita untuk menemukan teman
lama yang tidak pernah bertemu karena masalah tempat, menemukan
teman-teman baru dari berbagai wilayah, bahkan menemukan informasi
orang-orang kita ingin ketahui keberadaanya. Semua bisa dan mungkin
dilakukan
di jejaring sosial, dan tanpa harus beranjak tempat.
Mencari uang di internet, sangat
mungkin, bisa dan masuk akal. Sudah sangat banyak yang membuktikannya,
bekerja online lewat internet bisa menjadi sumber penghasilan. Meskipun
bekerja secara online sebagai internet marketing (misalnya) masih
dipandang sebuah pekerjaan yang tidak umum (baca:
bukan teroris)
oleh sebagian orang yang tidak paham. Bagaimana caranya, sangat panjang
untuk dirinci secara detail, kita bisa menemukan banyak sekali jalan
(secara benar) untuk mendapatkan penghasilan lewat internet. Dan untuk
informasi mengenai cara mencari uang di internet bisa lewat pencarian
google.
Sangat banyak manfaat internet
yang bisa kita peroleh. Seperti juga sebuah pisau tajam, untuk apa?
Tergantung kita untuk menggunakannya, selalu ada pilihan dari dua sisi
yang berlawanan. Dan ini juga berlaku hampir untuk semua hal di dunia.
Manfaat Internet Bagi Remaja
1. Manfaat Umum
Berdasarkan suvey di Amerika Serikat membuktikan jika berselancar di
dunia maya, bermain game online, dan bermain situs jejaring sosial
justru baik bagi perkembangan remaja. Digital Youth Project yang
disponsori MacArthur Foundation selama tiga tahun berhasil membuktikan
internet baik bagi perkembangan remaja. Proyek yang dilakukan selama
tiga tahun itu melibatkan 800 remaja dan orang tua untuk mengetahui
peningkatan kemampuan teknologi remaja. Hal ini juga mematahkan anggapan
para orangtua yang menyatakan bermain internet
hanya membuang waktu saja.
2. Manfaat Internet Dalam Pendidikan
Internet merupakan sebuah layanan yang memudahkan kita menambah wawasan,
berkomunikasi, dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang
mungkin sulit dicari secara nyata. melalui akses dunia maya internet
ini, kita dapat menambah wawasan, berkomunikasi jarak jauh dan juga
mencari informasi yang sangat kita butuhkan. Dalam dunia pendidikan
internet dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan
ilmu pengetahuan serta sharing riset antarsiswa terutama dengan mereka
yang berjauhan tempat tinggalnya.
Dampak negatif penggunaan internet
1. Cybercrime Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang bersifat.
• Melintasi batas Negara
• Perbuatan dilakukan secara illegal
• Kerugian sangat besar
• Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :
- Hacking – Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan.
- Cracking – Usaha memasuki secara illegal
sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file
yang di simpan padap jaringan tersebut.
2. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan parnografi,
memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki
internet, pornografi pun merajalela.Untuk
mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program
mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di
internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
3. Violence And Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan
isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs
menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah
satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
4. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput
dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal
ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia
informasi tersebut.
5. Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan
menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam
dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan
kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat
mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit)
on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka
menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan
mereka.
6. Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang
tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi
keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena
umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan
dari pengunjungnya.
7. Mengurangi sifat sosial manusia karena
cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara
langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat
mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.Kejahatan
seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga
ikut berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang
menyangkut parnografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk
melayani kecanduan tersebut.
Layanan yang ada di internet
Meskipun
Web adalah layanan yang paling populer diantara pengguna internet, namun itu bukanlah satu-satunya yang ada di dunia maya ini.
E-mail (Electronic Mail)
Ini adalah layanan penyampaian pesan lewat jaringan internet. Mirip
seperti surat-menyurat lewat pos. Bedanya, e-mail tidak membutuhkan
perangko dan petugas pos. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah program e-mail
seperti
Outlook dan
Outlook Express.
Atau dapat juga memanfaatkan fasilitas secara online, yaitu e-mail
berbasis Web. Kita perlu akses internet dan membuat akun yang dilindungi
oleh password.
Dalam e-mail, sebuah alamat dilengkapi dengan simbol @ (dibaca at dalam bahasa Inggris) yang memisahkan nama pengguna dengan
nama domainnya.
Kita dapat menyimpan alamat-alamat e-mail teman ke dalam address book
yang telah tersedia, dan berkirim surat elektronik pada mereka.
Fasilitas ini jauh lebih mudah, murah dan cepat jika dibandingkan dengan
pengiriman surat manual lewat jasa Pos.
FTP (File Transfer Protocol)
FTP menentukan standar-standar dalam mentransfer file dengan
upload dan
download.
Upload juga dikenal dengan nama “unggah”, sedangkan download memiliki
nama lain “unduh”. File yang ditransfer dapat berupa file gambar, teks,
video dan lainnya.
Terdapat suatu situs FTP yang berisi tentang file-file yang diam
dalam suatu server. Banyak diantara situs-situs tersebut yang memiliki
FTP anonim, dimana semua orang dapat melakukan transfer file. Namun ada
juga yang membatasi file transfer hanya oleh mereka yang memiliki akun
yang terotorisasi (dilengkapi password) pada server FTP itu.
Telnet (Telecommunication network)
Adalah sebuah
protokol jaringan yang digunakan pada
Internet atau
Local Area Network
untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah
yang menggunakan koneksi virtual terminal. TELNET dikembangkan pada
1969 dan distandarisasi sebagai
IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.
Newsgroup
Di sini merupakan area diskusi online bagi pengguna tentang
objek-objek tertentu. Kita dapat bergabung dengan group ini dan mengirim
pesan untuk ditanggapi oleh anggota lain. Ada juga yang mengharuskan
kita untuk registrasi dulu untuk mendapatkan username dan password. Atau
ada juga newsgroup yang khusus untuk komunitas tertentu.
Misalnya mahasiswa matakuliah tertentu yang dilengkapi dengan nama
dan sandi mereka sendiri, akan dapat memasuki area diskusi sehingga
pihak lain tidak dapat ikut campur dalam kuliah mereka. Biasanya kita
menggunakan program Newsreader untuk berpartisipasi di dalamnya. Namun
ada juga kelompok diskusi yang tidak membutuhkan fasilitas ini. Mereka
menggunakan Message Board (papan pesan) yang relatif lebih mudah
digunakan.
Layanan ini digunakan untuk berhubungan dengan banyak pengguna
komputer namun hanya bisa memuat teks saja, atau bisa dikatakan media
komunikasi berbasis teks melalui internet.
Milis (Mailing List)
Milis adalah kelompok alamat e-mail yang memiliki suatu nama tunggal,
yang menyatukan mereka dalam kelompok diskusi. Jika salah seorang
anggota mengirim e-mail pada milis, maka otomatis seluruh anggota akan
menerimanya. Biasanya dikelola oleh orang-orang yang memiliki kesamaan
tertentu, misalnya kesamaan institusi, atau kesamaan hobi.
Chatting
Chatting atau mengobrol, berarti melakukan pembicaraan tertulis
real-time (saat itu juga) dalam komputer. Chat Room adalah lokasi pada
server internet yang menampung orang-orang yang sedang chatting. Jika
Anda mengirim pesan pada chat room, maka semua orang yang ada di server
akan dapat membaca pesan Anda dan membalasnya secara langsung. Mirip
seperi mengoblor di dunia nyata.
Ada juga yang dapat dilakukan lewat video sehingga kita dapat melihat
lawan bicara kita di ujung sana. Untuk dapat dilihat dan didengar, kita
membutuhkan
headset dan webcam.
Jika ingin melakukan chatting, kita harus memiliki program
chat-client yang beberapa dapat diunduh gratis dari net. Lalu terhubung
ke chat server dan mengobrol sampai tangan pegal.
VoIP (Voice over Internet Protocol)
Disebut juga Telepon Internet. Artinya kita dapat menelpon lewat
jaringan internet alih-laih lewat jaringan telepon biasa. Kita
membutuhkan sambungan internet berkecepatan tinggi untuk dapat melakukan
Voice over IP ini. Biaya yang dibutuhkan juga relatif lebih murah jika
dibandingkan dengan telepon biasa.